Minggu, 14 Februari 2010

konversi database

. Minggu, 14 Februari 2010

pernahkah terpikirkan atau menemui kasus tentang migrasi data, dari database satu ke database lainnya?misalnya dari sql server ke mysql, beserta data yang sudah ada. jika struktur database dan datanya masih sedikit mungkin masih bisa dilakukan manual. yaitu dengan melakukan strukturisasi database dan mengetikkan lagi data sesuai acuan database yang lama. namun sebaliknya, jika struktur database sudah kompleks dan banyak, serta populasi data sudah mencapai puluhan ribu bahkan jutaan. apakah cara manual juga akan dilakukan? pastinya menghabiskan sumber daya bukan. melalui tulisan ini saya akan berikan panduan konversi dan migrasi database dari mysql ke sql server. point terpenting dari tulisan ini adalah mendapatkan struktur database serta menyelamatkan datanya. terlepas dari store procedure atau trigger maupun view yang tidak termigrasikan dengan sempurna tidak lain karena kemampuan dari perangkat bantu atau software yang saya gunakan atau mungkin versi terbaru sudah mempunyai kemampuan jauh lebih baik dari tutorial yang saya tuliskan(silahkan berbagi disini). perangkat bantu yang saya gunakan adalah ESF Database. software ini mampu melakukan seperti apa yang telah saya tulis diatas. bahkan dukungan database pun juga banyak. seperti dbase, paradox, sybase, sql server, mysql, postgresql dan masih banyak lagi. untuk mencoba perangkat bantu ini, silahkan anda berkunjung di situs resminya. versi trial yang bisa di gunakan secara cuma - cuma memberikan batasan fitur yang masih bisa kita gunakan. berikut ini langkah untuk melakukan konversi dan migrasi database dari mysql ke sql server. sebagai catatan data yang saya migrasikan adalah 25 tabel dengan data sekitar 16.700 lebih data, dan proses tersebut memakan waktu kurang dari 3 menit (dual core 2Gb-RAM 2Gb), cepat sekali bukan. berikut ini langkah-langkahnya :

2 komentar:

Anonim mengatakan...

mas saya punya lagu dengan database mdb ...apa bisa dikonversi ke database mpeg/avi? kalau bisa pake alatbantu/software apa?

yanuangga mengatakan...

Kalaupun bisa lagu itu harus di export dahulu, lalu di konversi ke MPEG/AVI. Baru setelah berhasil di konvert baru di masukkan(import) lagi ke dalam database itu lagi, Setahu saya konversi format audio ke video "Kalau" dari database itu sendiri kok tidak bisa ya.
Semoga saya yang salah :)

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani
yanuangga.blogspot.com © copyrights 2010. all rights reserved