Senin, 18 Januari 2010

Setup lingkungan kerja –YUI

. Senin, 18 Januari 2010

Sebelum memulai melukis baris kode di lingkungan pengembangan nantinya, berikut ini minimal perangkat yang harus dimiliki :

1. YUI library, silakan download jika belum punya. Dalam tutorial ini saya pake YUI versi 2.7 jadi dijamin jika pake versi 3.0 kode ada yang tidak jalan. Soalnya namespacenya juga beda.
2. XAMPP for windows, silakan download disini jika belum punya. Saya pakai versi 1.6.4, silahkan pakai versi lebih baru jika punya.
3. Mozilla Firefox(browser) & Firebug(debugger). Jika sudah terbiasa dengan browser dan debugger lain monggo…silahkan.

Sebelumnya akan dijelaskan mengapa pakai XAMPP. Karena XAMPP sudah terintegrasi PHP, MySQL, Apache jadi gak usah susah-susah setting lagi lingkungan webserver dan database server. Kalau sudah punya lingkungan webserver dan database server sendiri, silahkan pakai yang sudah ada. Juga tutorial ini nantinya bukan hanya untuk memperkenalkan YUI sebagai RIA Ajax yang hanya bisa di aplause dari sisi tampilan. Tapi juga bagaimana mengimplementasikan ke dalam website biar benar – benar keliatan hidup(dinamis).
Dalam tutorial ini silahkan buat directory baru atau website baru di Root directory Webserver. Sebagai contoh D:\XAMPP\htdocs\yui\. Kemudian library YUI silahkan diletakkan di dalam website yang baru saja dibuat tadi jangan lupa di rename supaya mudah dihafalkan misalnya “js” tanpa tanda petik. Berarti struktur direktori saya seperti ini D:\XAMPP\htdocs\yui\js\.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani
yanuangga.blogspot.com © copyrights 2010. all rights reserved