Rabu, 05 Mei 2010

Meteor jatuh di Nusa Tenggara Timur

. Rabu, 05 Mei 2010

Fenomena alam jatuhnya benda langit yang diduga meteor ternyata tidak hanya menggegerkan warga Jakarta dan sekitarnya. Di Bima, Nusa Tenggara Barat, benda langit yang diduga meteor jatuh di lereng gunung, hingga menghanguskan benda keras yang ada di sekitarnya. Peristiwa ini tak ayal menggegerkan warga sekitar.

Lokasi tempat benda langit yang diduga meteor tersebut jatuh di sekitar lereng gunung di kawasan wisata Ina Hami, Desa Ntori, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, NTB. Benda keras seperti batu persis di lokasi jatuhnya benda tersebut gosong, bahkan berlubang hingga beberapa meter. Lubang tersebut hingga kini masih panas dan sesekali mengeluarkan asap.

Sejumlah pohon serta kabel listrik di sekitar lokasi ikutan hangus akibat kerasnya ledakan benda yang diduga meteor tersebut. Saksi mata bernama Syaiful, yang melihat kejadian langka malam itu mengaku terkejut melihat benda langit terjatuh di sekitarnya. Menurutnya, suara ledakannya bahkan menyerupai ledakan bom.

Kini warga terus berdatangan melihat kejadian unik ini, bahkan sebagian dari mereka mengambil batu tersebut untuk dibawa pulang. Polisi berencana memasang garis polisi untuk menyelidiki jatuhya benda yang diduga meteor tersebut.

Benda diduga meteor jatuh di Pegunungan Wawo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Senin (3/5) malam. Benda yang terlihat bercahaya ketika turun dari langit itu sempat meledak dua kali sebelum menghujam bumi dan meninggalkan lubang berdiameter 50 X 50 centimeter.



Menurut pengakuan warga sekitar, benda yang jatuh dari langit sekitar pukul 20.30 WITA itu mengeluarkan cahaya hingga satu kilometer panjangnya. "Ada benda bercahaya yang terbang dari langit, meledak dua kali..," ujar Muhdar.

Warga di sekitar lokasi sempat ketakutan menyaksikan percikan cahaya dari benda tersebut. Baru Selasa tadi pagi warga memberanikan diri dan berbondong-bondong ke lokasi jatuhnya benda dari langit itu.

Lubang bekas jatuhnya meteor itu terbentuk mirip kubangan batu yang diselimuti kaca dan hingga Selasa pagi masih mengeluarkan hawa panas. Daun-daun pepohonan di sekitar lubang juga kering akibat terkena hawa panas.

Menurut pengakuan beberapa warga yang menyaksikan, sebelum benda tersebut jatuh terlihat sebuah benda yang terbang dengan kecepatan tinggi. Benda terbang tersebut mengeluarkan cahaya aneh. Ketika sampai di tanah benda tersebut mengeluarkan suara desingan dan meledak hingga mengeluarkan cahaya kuning kemerahan yang menerangi hampir seluruh Pegunungan Wawo.

Sebuah kabel listrik yang berada di sekitarnya terputus hingga mengakibatkan desa di sekitar lokasi gelap. Di saat kondisi gelap itulah terjadi dua kali ledakan disertai cahaya yang terlihat hingga jarak sekitar 1,5 km dari lokasi. Kini lokasi jatuhnya benda langit yang diduga meteor ini masih dipenuhi warga dari berbagai daerah di Kabupaten Bima.

Beberapa hari sebelumnya, meteor juga jatuh di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, dan merusak sejumlah rumah.

Namun benda asing itu tidak sampai menimpa rumah penduduk.

Menurut keterangan warga sekitar lokasi jatuhnya benda yang diduga meteor, mereka memang mendengar suara ledakan dasyat pada Minggu malam. "Setelah dilihat, ternyata ada benda asing yang jatuh," kata Aji Nasir, warga Desa Ntori, Selasa.

Benda asing tersebut jatuh menghujam bumi sekitar pukul 20.30 Wita serta menimbulkan lubang berdiamter 50 sentimeter, sekitar satu kilometer dari pinggir jalan Desa Ntori. Di dalam lubang tersebut juga terdapat tiga lagi lubang kecil yang lebih dalam.

Saat meteor jatuh, timbul bara api yang sangat panas hingga berjam-jam kemudian, bahkan sempat membakar rumput dan pepohonan di sekitarnya.

Sebelum menghujam bumi, menurut warga sekitar, benda tersebut meluncur dari langit dengan
kecepatan tinggi serta mengeluarkan suara desingan sampai kemudian meledak setelah menyentuh tanah serta menimbulkan cahaya kuning kemerahan. Cahaya menerangi hampir sekitar lokasi Ikahami, pegunungan Wawo.

Selain menimbulkan lubang, jatuhnya benda asing tersebut juga menyambar kabel listrik hingga terputus sehingga menyebabkan desa Ntori gelap gulita. Sementara itu, bongkahan benda asing berwarna kristal yang telah jatuh ke bumi kemudian jadi rebutan masyarakat, mereka ramai-ramai mengambilnya dan membawa pulang. [baca juga : meteor jatuh di jakarta]

dikutip dari :
  1. Liputan6
  2. Metrotvnews
  3. mediaindonesia

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani
yanuangga.blogspot.com © copyrights 2010. all rights reserved